Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropa

Nama negara Kosovo mungkin masih terdengar cukup asing di telinga sebagian orang. Hal tersebut wajar jika mengingat negara yang ada di sebelah tenggara Eropa tersebut memang merupakan negara baru yang memerdekakan diri pada tanggal 17 Februari 2008. Sebelumnya Kosovo merupakan salah satu wilayah di bagian dari negara Serbia. Kosovo yang berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada Februari 2008 dan menjadi negara yang bernama Republik Kosovo. Bagi anda yang berniat liburan ke sana, maka anda wajib mengetahui beberapa fakta unik tentang negara Kosovo.

Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropa

Kosovo, secara resmi telah menjadi Republik Kosovo, adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Semenanjung Balkan. Kosovo memiliki empat negara yang juga berbatasan langsung, meliputi Albania, Makedonia, Montenegro, dan juga Serbia. Nah apa bila anda ingin mengetahui negara ini lebih dalam lagi, maka kami akan memberikan beberapa fakta menarik tentang negara Kosovo. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang negara Kosovo.

Memiliki lebih dari satu bahasa yang digunakan sehari-hari

Kosovo sendiri berarti lapangan burung hitam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, negara yang satu ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Februari 2008. Untuk mengabadikan momen kemerdekaan, dibangunlah sebuah monumen bernama Newborn Monument, monumen tersebut letaknya berada kota Prishtina yang tidak lain merupakan ibu kota dari Kosova.

Bahasa resmi yang digunakan di negara Kosovo adalah Albania dan Serbia. Namun, selain dua bahasa resmi tersebut, para penduduk Kosovo juga menggunakan bahasa Bosnia, Turki, Romani, Kroasia, Inggris dan juga bahasa Eropa lainnya untuk dapat komunikasi sehari-hari.

Mayoritas penduduknya beragama Islam

Jumlah penduduk dari negara Kosovo ini mendekati angka 2 juta. Dari jumlah tersebut 95,6% nya yang beragama Islam. Sisanya adalah orang-orang yang memeluk agama lain, seperti Kristen, Katolik Roma dan juga Ortodoks. Maka tidak heran jika di Kosova akan begitu mudah untuk menemukan bangunan masjid yang sangat indah dan juga megah, mulai dari masjid Hadum, masjid Sinan Pasha hingga masjid Xhamia e Madhe.

Negara termuda di Eropa

Kosovo dengan luas wilayahnya 10.887 kmĀ² memiliki lebih dari 70% populasi penduduk yang usianya rata-rata masih di bawah 35 tahun. Hal ini yang juga menjadikannya sebagai negara termuda di seluruh benua Eropa. Bahkan pada tahun 2017 lalu usia rata-rata dari penduduknya adalah 29,1 tahun.

Wilayah Kosovo dikelilingi pegunungan

Negara Kosovo ini memiliki bentang alam yang sangat menakjubkan dengan dikelilingi oleh banyaknya pegunungan. Di antara Kosovo dan Montenegro misalnya, terdapat sebuah pegunungan Hajla yang puncaknya memiliki ketinggian mencapai 2.403 meter. Sementara itu, di sisi lainnya terdapat pegunungan yang berada di antara Kosovo dan Macedonia bernama Peskovi. Sedangkan yang berada diantara Kosovo dan juga Albania adalah pegunungan Maja e Kallakabut Albania Kalabakut yang tingginya mencapai 2.174 meter.

Masyarakat Kosovo sangat ramah

Salah satu faktor yang melatarbelakangi orang melakukan traveling ke suatu negara adalah sikap penduduk lokalnya. Anda nantinya tidak perlu ragu apabila anda ingin berlibur ke Kosovo karena masyarakatnya yang memang sangat terkenal ramah dan bersahabat dengan para pendatang. Ketika anda nantinya mengalami kesulitan, maka orang-orang Kosovo tidak akan ragu untuk memberikan bantuan.

Negara termuda abad 21

Kosovo adalah negara paling muda yang berdiri pada abad ke-21, yang mendeklarasikan kemerdekaannnya dari Serbia pada tanggal 17 Februari 2008. Momen kemerdekaannya tersebut diabadikan dengan monumen Kelahiran Baru atau yang dikenal dengan (Newborn monument) yang berada di Prishtina.

Perang Kosovo

Perang Kosovo adalah perang yang terjadi di provinsi Kosovo, Serbia dari tahun 1998 sampai dengan 1999. Etnis Albania yang tinggal di Kosovo menghadapi sebuah kekerasan dari Serbia yang mengontrolnya. Ras Albania juga menentang pemerintahan Yugoslavia, yang sekarang ini menjadi negara-negara merdeka meliputi Serbia, Montenegro, Croatia, Bosnia-Herzegovina, Slovenia, dan juga Makedonia.

Kota cantik

Prizren adalah salah satu dari kota yang terdapat di Kosovo yang pemandangannya sangat menarik, dengan berbagai macam arsitektur bangunannya yang terpengaruh oleh gaya Ottoman. Di Benteng Prizren anda nantinya akan bisa menyaksikan pemandangan yang begitu menakjubkan seperti atap ekor merah, menara, dan juga Sungai Bistrica yang mengalir melintasi kota tersebut.

Wilayah

Kosovo mencakup wilayah dengan luas 4.200 mil persegi (10.900 kilometer persegi), atau sekitar sepertiga dari luas Belgia. Pristina, pusat wilayah Kosovo, merupakan daerah dengan dataran rendah, meski terdapat kawasan pegunungan disana.

Status

Kosovo dijalankan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan juga NATO sejak 1999, ketika NATO ini berhasil melancarkan serangan udara. Hal tersebut dilakukan untuk mengakhiri gempuran militer Serbia kepada kelompok etnis Albania. Sebanyak 10.000 orang tewas dan 1.000.000 lainnya menjadi pengungsi, saat Serbia membantai etnis Albania yang mendukung kemerdekaan dari Kosovo.

Sejarah

Masa pemerintahan Ottoman yang ada pada tahun 1389 merupakan masa keemasan Islam di Kosovo. Islam adalah agama yang telah hadir di wilayah ini sejak tahun keempat kalender Hijriah. Dari saat itu sebagian besar masyarakat Kosovo sudah memeluk Islam dan menjalankan syariat Islam dengan taat.

Di Balik Kemerdekaan

Kosovo yang merupakan salah satu dari kawasan yang akan dijadikan tuan rumah pembangunan dari sistem anti rudal Pentagon di Eropa, seperti halnya yang dilakukan pada Republik Ceko dan Polandia. Sistem anti rudal di Ceko dan Polandia-lah yang membuat Rusia mencabut traktat Pasukan Konvensional di Eropa (CFE).

Traktat yang ditandatangani pada tahun 1990 dan dimodifikasi pada tahun 1999 tersebut membatasi jumlah pasukan dan juga kendaraan tempur di Eropa. Pencabutan CFE yang menyebabkan Rusia tidak wajib membatasi jumlah pasukan organik dan anorganik yang ada di Eropa. Karenanya, Rusia sangat berkepentingan untuk membuat Kosovo tetap berada di dalam wilayah Serbia.

Sudah melakukan pemilu keempat

Status Kosovo sebagai bangsa tetap menjadi sebuah masalah dan juga perselisihan internasional. Sementara hubungannya dengan pemerintah Serbia cukup suram, dan rakyatnya disana masih terkendala dengan kemiskinan dan korupsi yang meluas. Namun Kosovo hingga kini masih berjuang mendapatkan penerimaan penuh di atas panggung dunia. Pemerintah Serbia bersama dengan sekutunya Rusia dan Tiongkok menolak mengakui perpecahan tersebut. Pihaknya secara efektif melarang Kosovo dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Setelah pemilihan terakhir mereka pada 2017, partai-partai yang dipimpin oleh mantan komandan gerilyawan bergabung untuk mempertahankan kekuasaan. Kali ini, mereka akan menghadapi tantangan dari LDK kanan-tengah dan kiri nasionalis Vetevendosje. Keduanya yang berbagi sedikit kesamaan secara ideologis, tetapi bisa bersatu untuk dapat menggulingkan apa yang disebut dengan sayap perang

Demikian itulah beberapa fakta menarik tentang negara Kosovo, negara termuda yang ada di wilayah Eropa. Kosovo masih berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari PBB. Namun terlepas dari itu semua, negara Kosovo adalah negara yang indah yang dapat menjadi salah satu destinasi wisata anda di Eropa.