Karakteristik Benua Eropa Lengkap

Benua Eropa yang memang sering kali disebut juga dengan istilah Benua Biru. Karena sebagian besar dari penduduknya yang merupakan ras kulit putih dengan warna bola mata yang umumnya adalah berwarna biru. Selain itu, benua Eropa merupakan salah satu benua yang didiami oleh sejumlah negara yang juga saling bertetangga, dan dekat. Sehingga mereka membuat suatu perkumpulan bagi negara-negara Eropa dengan nama uni Eropa atau European Union.

Berikut dalam artikel ini akan diberikan beberapa penjelasan tentang karakteristik Benua Eropa, mengenai penjelasan lebih rinci tentang karakteristik dari Benua Eropa. Eropa terletak di sebelah barat dari benua Asia dan juga terletak di sebelah utara dari benua Afrika. Benua Eropa yang juga memiliki banyak bentang alam dan juga keadaan iklim yang sangat beragam yang ada pada tiap-tiap kawasannya.

Karakteristik Benua Eropa Lengkap

Luas dari wilayah Eropa sendiri merupakan yang terkecil kedua setelah luas dari benua Australia. Secara geografis itu sendiri benua Eropa yang dipisahkan menjadi lima kawasan, yagnik Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan, dan juga Eropa Timur. Terdapat juga beberapa semenanjung yang ada di kawasan Eropa seperti halnya Semenanjung Iberia ataupun juga Semenanung Balkan. Benua Eropa yang juga sering dikenal sebagai salah satu benua paling maju.

Baik itu dari segi ekonominya, infrastruktur hingga standar hidup dari warganya. Ada banyak contoh negara maju yang ada di benua Eropa, seperti halnya Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan juga negara Prancis. Keadaan sosial dan juga ekonomi dari penduduk Eropa juga ada di atas rata-rata. Banyak keindahan alam yang sangat terkenal dari benua Eropa, seperti halnya Pegunungan Alpen, Pegunungan Ural, Gunung Elbrus, Sungai Thames,Gunung Etna, dan juga beberapa keindahan alam lainya. Eropa yang juga menjadi salah satu negara yang memiliki bentang alam yang bervariasi, baik dari dataran tinggi atau juga pegunungan hingga kenampakan dari perairan sungai ataupun juga danau.

Astronomis-Geografis

Berdasarkan dengan garis lintang astronomisnya, benua Eropa sendiri terletak yaitu pada garis lintang 36°LU-71°LU dan juga 9°BB-66°BT. Menurut garis lintangnya tersebut maka benua Eropa terletak di atas garis Ekuator yang nantinya hal ini akan mempengaruhi iklim dan juga cuaca di semua wilayah yang ada di dalam benua Eropa. Sedangkan berdasarkan dengan letak geografisnya, benua Eropa yang membaginya menjadi beberapa wilayah yang ada di Eropa Barat, Eropa Timur, dan juga Eropa Tengah. Dari sejumlah wilayah yang berada di benua Eropa, maka garis-garis dari perbatasannya adalah yaitu sebagai berikut:

  • Sebelah Utara Eropa : Benua Eropa yang berbatasan dengan Laut Norwegia, Laut Barents, serta Laut Arktik.
  • Sebelah Timur: Benua ini yang juga berbatasan dengan Pegunungan Ural,Laut Hitam, Laut Kaspia, dan juga negara
  • Turki. Negara Turki yang merupakan negara yang berada di sebagian wilayahnya benua Eropa dan sebagiannya lagi masuk kedalam wilayah benua Asia.
  • Sebelah Selatan: Benua Eropa yang berbatasan dengan Laut Tengah dan juga Selat Gibraltar.
  • Sebelah Barat: Benua Eropa yang berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Iklim dan cuaca

Sebagian besar dari wilayah yang ada di benua Eropa terletak di gari ekuator dan berdasarkan dengan garis lintang. Maka iklim dan juga cuaca di benua Eropa dapat diklasifikasikan menjadi iklim kutub, peralihan, mediterania dan juga laut. Sejumlah wilayah yang juga memiliki iklim kutub yaitu adalah negara-negara yang berada dan juga yang terletak di bagian utara dari benua Eropa atau secara geografis berada dan juga dekat dengan kutub Utara, yaitu Swedia bagian Utara, Finlandia, Norwegia dan juga Rusia. Iklim kutub ini yang juga mempunyai sebuah karakteristik empat macam musim yaitu : musim dingin, musim semi, musim gugur dan musim panas, yang artinya terdapat cuaca dingin dan basah.

Wilayah yang masuk kedalam iklim mediterania tersebut beberapa negara yang ada di sebelah selatan benua Eropa, karena negara-negara tersebut yang berbatasan langsung dengan Laut Tengah, seperti Italia, Perancis Selatan, Yunani, Spanyol Selatan. Negara-negara tersebut memiliki sebuah ciri dengan musim dingin yang memiliki udara basah dan juga udara kering, pada saat musim panas. Iklim peralihan yang dialami oleh wilayah yang ada di bagian Eropa Tengah.

Sedangkan untuk iklim laut sendiri dirasakan oleh negara di bagian Eropa Barat Laut seperti halnya negara Inggris, Skandinavia Barat, Perancis bagian Barat, Belanda, Belgia, Denmark dan juga Spanyol bagian Utara. Wilayah ini mengalami iklim laut, karena berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik dimana cuaca dan juga suhu yang ada di wilayah ini sangat hangat. Dan iklim kontinental yang dialami oleh wilayah di bagian Eropa Timur.

Populasi

Menurut klasifikasi ras dan juga bangsa, penduduk yang mendiami benua Eropa mayoritasnya bangsa Nordik,Mediterania, Alpen, Dinara, Slavia yang merupakan nenek moyang dari bangsa Eropa. Sedangkan daerah yang juga memiliki tingkat kepadatan yang tinggi yaitu terletak di negara bagian Italia, Jerman Belgia, Belanda, Perancis dan juga Inggris yang menganut agama Kristen.

Bahasa yang digunakan oleh negara-negara yang ada di Eropa yaitu sangat beragam, namun bahasa Inggris lah yang menjadi bahasa resmi. Adapun juga bahasa yang digunakan lainnya di Benua Eropa meliputi bahasa Indo-Jerman, bahasa Baltik-Slavia, dan juga bahasa Romana.

Sektor industri

Sektor industri yang berkembang di Benua Eropa dan juga di sejumlah negara lainya di benua Eropa, meliputi industri ringan hingga industri berat. Sektor pertanian yang ada di sana menghasilkan sayur-sayuran, kentang, gandum, buah-buahan, dan juga jagung. Sektor perikanan banyak juga banyak terdapat di negara bagian Eropa Barat. Karena wilayah tersebut berbatasan langsung dengan laut dan juga teluk yang ada.

Sektor pertambangan yang terdapat di wilayah Eropa Timur dan juga Barat, yaitu memiliki beberapa bahan tambang industri. Bahan tambang yang meliputi minyak bumi,timah batu bara, perak, bauksit, mangan, dan juga lainya. Sedangkan, sektor industri hampir berada di semua wilayah yang ada di Eropa yang mempunyai industri dalam bidang elektronika, kimia, tekstil, makanan dan juga minuman, mesin dan transportasi.

Sungai dan Danau

Benua Eropa yang juga memiliki sungai-sungai yang panjang yang sangat terkenal seperti halnya sungai Volga di Rusia, Sungai Thames Inggris sebagai sungai terpanjang yang ada di Eropa. Adapun sungai-sungai yang terkenal di wilayah Eropa yang lainnya yaitu adalah sungai sungai Rhone (Swiss-Prancis), Donau (Jerman), dan juga sungai Elbe (Ceko).

Di wilayah Eropa juga terdapat Laut Kaspia yang menjadi sebuah danau terbesar dan juga terluas di dunia. Letak Laut Kaspia ini berada pada perbatasan dari benua Eropa dan juga benua Asia. Sementara danau-danau terkenal lainya yang ada di Eropa misalnya seperti danau Onega, danau Ladoga, dan juga danau Rybinsk.

Demikian itulah beberapa karakteristik dari Benua Eropa, terdiri dari letak geografis, iklim sungai dan juga negara-negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Eropa. Benua Eropa terdiri dari negara-negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Semoga dengan adanya artikel ini wawasan anda tentang Benua Eropa dapat bertambah. Terimakasih.