6 Fakta Unik Benua Eropa

Siapa yang tidak mengetahui akan benua Eropa? Tentunya semua orang telah mengetahui hal ini. Benua Eropa menjadi benua dengan ukuran terkecil kedua di dunia setelah benua Australia. Kawasan ini juga sering menjadi tujuan berlibur yang di idam-idamkan oleh aneka wisatawan termasuk dari Indonesia. Hal ini dikarenakan lanskap alamnya yang cukup indah dan bangunan bersejarahnya yang megah.

Namun sebelum terpukau dengan aneka keindahan yang dapat dinikmati saat berwisata di benua tersebut, ada beberapa fakta unik dan menarik yang penting untuk dapat diketahui akan benua Eropa. Hal ini cukup signifikan dan seringkali terlupakan oleh banyak orang akan seputar dunia Eropa.

Padahal ada banyak hal menarik yang bisa diteliti lebih lanjut akan benua ini. Seperti salah satunya ada sebuah desa yang berlokasi di salah satu negara dari Eropa yang memiliki nama unik. Nama dari kawasan itu sangat panjang bahkan mencapai rekor sebagai agen sbobet88 nama tempat terpanjang di seluruh dunia. Menarik sekali hal ini bukan? Maka dari itu yuk kita simak topik pembahasan yang akan dipaparkan di artikel di bawah ini. Cus kita ikuti agar tidak dibuat penasaran.

1. Total Mencapai 63 Negara di Benua Eropa

Benua Eropa terdiri dari negara yang jumlahnya cukup banyak untuk kategori luas benua yang tergolong cukup kecil hingga terkecil kedua di seluruh dunia. Kok bisa begitu ya? Ternyata dari keseluruhan 63 negara tersebut, terdapat beberapa negara diantaranya yang dianggap menjadi suatu negara berdasarkan status pengakuannya di dunia internasional. Berikut informasi dan rincian lebih lanjutnya.

  • Benua Eropa memiliki 50 negara berdaulat, yaitu negara-negara yang telah mendapatkan pengakuan internasional secara luas oleh negara-negara lain di wilayah Eropa.
  • Eropa juga memiliki 7 daerah dependensi dan otonom, yaitu wilayah yang tidak bisa meraih kemerdekaan atau kedaulatan secara utuh seperti layaknya sebuah negara merdeka.
  • Terdapat 4 negara dengan pengakuan terbatas di Eropa, yaitu negara yang tidak mendapat pengakuan internasional secara luas, namun diakui oleh minimal satu negara berdaulat lainnya.
  • Untuk 2 negara yang tidak mendapat pengakuan jenis apapun, namun posisi berdasarkan definisinya masih dapat disebut sebagai suatu “negara”.

2. Benua Eropa yang Wilayahnya Menyatu Dengan Benua Asia

Jika dilihat secara faktor geografisnya, maka daratan benua Eropa (selain dari kawasan negara Inggris, Islandia, dan Italia) serta benua Asia yang menjadi kesatuan utuh (seperti contohnya selain negara Indonesia, Filipina, Jepang, Taiwan, Sri Lanka) juga kepulauan Rusia memang tergabung menjadi satu daratan. Asia dan Eropa hanya dipisahkan oleh kawasan pegunungan Ural. Jika ternyata kedua benua ini telah disatukan di suatu hari kelak pun, maka nama benuanya kemungkinan akan berubah menjadi Eurasia.

3. Rusia Dengan Wilayah Terluas dan Vatikan Sebagai Negara Terkecil di Dunia

Rusia merupakan salah satu negara besar yang berdaulat. Negara ini membentang secara luas di bagian timur dari benua Eropa dan sebelah utara dari benua Asia. Rusia itu sendiri memiliki wilayah seluas 17.125.200 kilometer persegi besarnya, atau kira-kira dapat disebut sebagai seperdelapan luas daratan bumi. Bertolak belakang dari wilayah Rusia, negara Vatikan hanya memiliki wilayah seluas 44 hektar dengan populasi penduduk sekitar 842 jiwa. Yang satu menjadi super besar dan satunya lagi menjadi sangat kecil.

4. Pulau Terbesar di Dunia – Greenland di Benua Eropa

Pulau raksasa ini memiliki wilayah dengan luas sebesar 2.166.086 kilometer persegi. Maka dari itu pulai ini mendapat julukan sebagai pulau terluas yang ada di dunia. Meski namanya jika diterjemahkan berarti ‘Tanah Hijau’, namun pulau Greenland yang letaknya berada di kawasan Samudra Atlantik – bagian utara dari arah timur laut Kanada ini justru ditutupi es hingga warna lahannya menjadi putih. Bahkan wilayah ini 80 persen daratannya ditutupi oleh es dengan ketebalan mencapai 3 kilometer.

5. Desa Dengan Nama Terpanjang di Seluruh Dunia – Llanfairpwllgwyn-gyllgogerychwyrn-drobwllllanty-siliogogogoch

Desa ini posisinya terletak di pulau Anglesey yang berada di Wales, kawasan dari negara Inggris. Dalam bahasa Wales itu sendiri, desa bernama super panjang yang unik ini memiliki makna sebagai”Gereja Santa Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air deras dan gereja Santo Tysilio dari goa merah”. Konon infonya, nama tersebut dicetuskan oleh seorang penjahit setempat pada sekitar tahun 1860-an. Hal ini dilakukan untuk membuat desa ini menjadi terkenal karena fasilitas stasiun kereta api dengan nama terpanjang. Sungguh betapa panjangnya nama ini dan sulit untuk disebut ya?

6. Kota Istanbul di Turki yang Letaknya di Gabungan Benua Eropa dan Asia

Mungkin beberapa dari anda masih sering bingung saat mendapat pertanyaan Turki itu masuk negara Asia atau Eropa? Hal ini menjadi masuk akal berkat beberapa faktor seperti posisi negara tersebut berada di kawasan perbatasan antara Asia dan Eropa. Pengaruh ini juga membawa dampak pada rupa masyarakat asli setempat. Masyarakat asli yang tinggal di Turki dikenal memiliki perawakan unik yang menjadi pencampuran di antara ras Asia dan Eropa. Hal ini juga membuat sosok mereka menjadi unggul karena rupa yang rupawan tersebut.

Negara ini juga terkenal sebagai nama Konstantinopel. Bahkan kota Ibukota Turki yaitu kota Istanbul juga menjadi kota lintas benua yang membentang dan melintasi Selat Bosporus yang berada di antara Laut Hitam dan Laut Marmara. Pusat sejarah dan perdagangan dari ibukota negara Turki ini terletak di kawasan bagian Eropa, sedangkan hingga sekitar sepertiga penduduknya justru lebih condong tinggal di benua Asia. Itulah gambaran akan seputar beberapa fakta unik mengenai benua Eropa yang belum banyak diketahui orang. Semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat bagi anda dan di waktu kelak nanti anda bisa mengunjungi secara langsung kawasan ini ya.