Kembali Mengulas Fakta Unik dari Benua Eropa

Benua Eropa sudah masuk sebagai salah satu benua yang memang terkenal sekali akan banyaknya warisan budaya pada masa lalunya. Jika Amerika dan Asia sudah dianggap sebagai benua Eksotis, maka Eropa sudah dipuji karena memang memiliki sisi elegannya. Negara-negara di Eropa seperti halnya Perancis, Italia, Yunani dan juga Jerman sudah menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di dunia. Sebab negara-negara yang sudah sempat menjadi pusat atas perkembangan budaya dunia itu masih saja menyimpan berbagai macam seni peninggalan zaman kuno yang begitu menakjubkan. Belum lagi khasanah dari Eropa yang kaya juga akan citarasa yang mewah juga bisa dihadirkan di dalamnya. 

Walau memang begitu banyak juga orang awam yang tidak terlalu mengenal benua ini. Tak sedikit orang yang tahu jika Eropa sudah menjadi sebuah benua, dan bukan menjadi nama negara seperti yang dipikirkan oleh kebanyakan orang di luar sana. Nah yang paling diingat oleh publik dunia barangkali adalah kesalahan atas Presiden Barack Obama yang menyebutkan Eropa ini menjadi sebuah negara dalam siaran media massa Nasionalnya. 

Benua Eropa ternyata masih mampu menyimpan banyak sekali ciri khas yang tidak akan bisa kalian temui di benua lainnya. Banyak juga fakta tersembunyi mengenai benua ini yang mungkin saja belum kalian ketahui. Berikut ini kami akan kembali mengulas mengenai fakta unik yang berasal dari dalam benua Eropa ! 

Kota yang Menjadi Bagian atas 2 Benua 

Istanbul sudah menjadi ibukota dari negara Turki yang mana ini menjadi satu-satunya kota di dunia dengan terbaginya atas 2 benua besar seperti : Eropa dan Asia. Turki sendiri memiliki 2  Ibukota yakni |1| Ankara secara Yurisdiksi sudah masuk ke dalam benua Asia dan |2| Istanbul sendiri sudah diresmikan masuk sebagai ibukota dari Turki pada bagian Eropa. Wilayah dari Kota istanbul sudah terbelah oleh Selat Bosporus. Istanbul sendiri sudah dinobatkan menjadi ibukota dengan kebudayaan Eropa pada tahun 2010 silam oleh Uni Eropa. Nah di sepanjang sejarah, kota ini juga sudah menjadi ibukota dari banyaknya kerajaan yang ada. 

Saat ini kotanya sudah menjadi tujuan utama para wisatawan, terutama sekali bagi mereka yang memang ingin sekali merasakan sensasi untuk bisa menjejakkan kaki di 2 benua sekaligus. Hanya saja dengan menumpang kapal Ferry, siapapun bisa menyebrang dari Asia ke Eropa atau bisa dari sebaliknya. 

Menjadi Negara Terkecil di Dunia 

Mungkin dalam hal ini kalian sudah tahu, jika negara dengan wilayah terbesar di dunia terletak di Rusia yang masuk pada kawasan Eropa. Lalu negara dengan wilayah terbesar nomor 2 dan 3 adalah negara China dan negara Brazil. Tapi apa kalian tahu ? di antara negara terbesar yang ada di dunia ini, rupanya negara terkecil malah masuk dalam kawasan Eropa itu sendiri lho ! namanya adalah Vatikan, dimana diisi dari 0.44 Kilometer persegi saja untuk wisata dari negara terkecil di dunia. Negara kota yang satu ini memang sudah berada dalam wilayah negara Italia. Tetapi dari kedaulatannya sebagai negara Mikro bisa diakui oleh hampir dari seluruh negara yang ada di dunia. 

Negara yang sudah menjadi pusat atas kegiatan keagamaan umat Katolik ini juga masuk sebagai pusat dari warisan dunia UNESCO, dan sudah satu-satunya menjadi situs dalam daftar Situs Warisan Dunia yang mana telah mencakup seluruh negara. 

Terdapat Merry Cemetery di Rumania 

Jadi di salah satu negara Eropa yakni Rumania, sudah terdapat Situs Warisan Dunia UNESCO yang terbilang sangat unik sekali yakni : Merry Cemetery. Tempat ini adalah pemakaman umum yang berada langsung di Kota Sapanta – Rumania. Di dalamnya kurang lebih sudah terdapat 600 nisan berbentuk salib kayu yang sudah di cat warna-warni serta sudah dihiasi dengan lukisan yang menggambarkan kisah hidup – rahasia atau saat-saat terakhir mendiang yang ditempatkan dari masing-masing makam yang ada. 

Jadi kalian jangan heran jika di sana ada Nisan Kayu bergambar prajurit yang sudah dipenggal, pria yang ditabrak truk. Tak jarang disertai dengan tulisan-tulisan konyol seperti halnya “ di bawah salib yang berat sudah terbaring ibu mertuaku yang malang… jangan berani membangunkannya. Sebab jika kembali lagi kerumah, dirinya akan menggigit kepalaku sampai putus”. Atau dalam hal ini ada testimoni dengan gambar kocak yang bertuliskan Ioan Toaderu yang artinya sangat mencintai kuda. Satu hal lagi yang sangat dirinya cintai. Duduk langsung di meja pada sebuah bar, ditemani dengan istri orang. Walau kuburan umumnya mampu menimbulkan kesan seram, justru kuburan yang satu ini bisa mengundang senyum dan menjadi sebuah objek wisata cukup populer di negara Rumania. 

Patung Liberty dibangun di Negara Prancis

Tak banyak yang kita tahu jika Patung Liberty yang sudah menjadi kebanggaan bagi Kota New York, Amerika Serikat ini bisa dirancang oleh Frederich Bartholdi. Patung Neoklasik Kolosal ini tidak dibangun di Amerika Serikat, melainkan sudah diimpor langsung dari Prancis. Bberati dalam hal ini patungnya dibuat di Prancis dan sudah diberikan sebagai tanda persahabatan dengan negara Amerika Serikat. 

Selain Bartholdi, yang berjasa dalam menciptakan patung lambang kebebasan ini adalah Alexandre Gustave Eiffel, yakni seorang insinyur Perancis yang mana mampu membuat kerangka baja paung dan kemudian hari nama belakangnya bisa diabadikan sebagai nama Menara Eiffel di Paris. Tinggal total dari Liberty ini adalah 305 kaki, 6 inci dan 7 lampu yang ada di mahkota sang dewi kebebasan yang artinya bisa mewakili 7 benua. 

Eropa Berasal dari Mitologi Yunani 

Secara etimologis, kata Eropa memang sudah berasal langsung dari Yunani Kuno yang berarti memiliki arti Luas dan Lebar. Nama Benua Eropa ini ternyata sudah berasal dari tokoh dalam Mitologi Yunani yakni Europa. Nah menurut Mitos, Europa sendiri menjadi seorang putri Fenisia yang Jelita. Dirinya ini adalah putri dari Agenor sang Raja Tirus. 

Zeus lantas langsung jatuh cinta dengan Europa, sehingga dirinya berhasil dalam memutuskan untuk muncul di depannya sebagai banteng putih yang perkasa untuk bisa memperdaya dan mendapatkan dirinya ini. Sang putri akhirnya naik ke punggung banteng dan sesegera mungkin dibawa ke Kereta, yang mana Zeus menunjukkan jati dirinya dan kemudian bisa memperistri Europa. Dengan Zeus, Europa berhasil memiliki 3 anak dengan nama : |1| Sarpedon, |2| Minos dan |3| Rhadamanthys. 

Selain daripada itu, di Eropa sendiri memiliki kota dengan nama terpanjang di dunia yakni Llamfairpwllhwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogch atau yang berarti gereja Saint Mary yang berada di lembah pohon hazel putih dekat dengan pusaran air cepat dan juga gereja St Tysilio dari Gua Merah. Namanya sangat panjang sekali. Tapi salut deh, penduduk disana malah lebih suka untuk menyebutkan nama aslinya dibanding nama pendeknya yang terasa bagi kami jauh lebih mudah untuk dihafalkan “ Railway Station “. 

Selain itu, di negara Eropa seperti halnya Finlandia, Polandia dan Irlandia juga memiliki nama tempat yang panjang seperti apa yang sudah kami berikan tadi ini.